CERITA KAMI

Psikologi Musik

08-07-2020 13:53

Meski bukan merupakan sebuah disiplin ilmu yang baru, hingga kini Psikologi Musik belum menjadi perhatian di Indonesia. Interdisiplin antara ranah psikologi dan musikologi ini merupakan gambaran kepedulian pakar psikologi dan musikologi yang sedang tumbuh pada konsep holistik tentang musik.

Prof. Dr. Djohan, M.Si. adalah salah satu tokoh yang terlibat aktif dalam mendalami dan mengumandangkan disiplin ilmu tersebut. Beliau merupakan salah seorang guru besar di Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang hingga kini masih aktif mengajar. Beliau juga merupakan mahasiswa pascasarjana pertama di Fakultas Psikologi UGM yang mendapat kesempatan belajar Psikologi, meski berlatar belakang Sarjana Musik.

Sejalan dengan hal tersebut, kini makin banyak mahasiswa di Fakultas Psikologi UGM yang menekuni dan mengembangkan interdisiplin Musik dan Psikologi. Hal tersebut ternyata juga diikuti oleh beberapa perguruan tinggi, yang ditandai dengan bermunculannya calon ilmuwan muda yang memiliki minat dalam Psikologi Musik, baik yang berlatar belakang Musik Pendidikan maupun Psikologi.

Hal ini sebenarnya juga merupakan efek dari kehadiran buku Psikologi Musik di Indonesia yang kini diterbitkan oleh PT Kanisius. Buku yang membahas tentang musik dari berbagai pandangan psikologi ini memang diperuntukkan bagi pembaca yang memperlajari ilmu musik atau memiliki minat dalam kedua bidang tersebut—Psikologi dan Musik. Lewat buku ini, Prof. Djohan menjelaskan tentang proses psikomotor dalam bermusik dan proses afektif yang menyangkut emosi. Dengan demikian, pembaca dapat makin memahami proses psikologis dalam bermusik.