CERITA KAMI

Menyelami Musik Indonesia, Melalui Buku

05-10-2018 09:33

Keanekaragaman budaya musik Indonesia dapat diamati melalui pendekatan historis, seperti halnya pada kehidupan kesenian yang lain. Pendekatan historis ini memudahkan kita dalam menelusuri berbagai produk budaya musik Indonesia. Hal ini jugalah yang menjadi perhatian utama dalam melihat sejauh mana budaya musik telah berkembang. Buku Budaya Musik Indonesia akhirnya dapat menjadi cara untuk melihat sejauh mana musik berkembang di Indonesia. Buku ini mengemasnya dalam  16 bab.

Penulis buku ini, Wisnu Mintargo menjelaskan dengan saksama dalam setiap bab. Dalam buku Budaya Musik Indonesia, Wisnu Mintargo menjabarkan musik-musik Indonesia dengan komprehensif. Setiap bab tersaji secara runtut dan utuh. Ini berarti buku Budaya Musik Indonesia dapat juga dibaca sesuai kebutuhan setiap pembaca. Jika pembaca ingin menikmati semua bab tentu akan lebih baik, namun jika pembaca ingin menikmati satu bab saja tidak menjadi masalah. Kepiawaiannya dalam bidang musik menjadikan buku ini dapat dijadikan rujukan untuk keperluan apapun.

Sebagai sebuah negara yang memiliki beranekaragam budaya, Indonesia boleh jadi yang paling unik dibandingkan negara-negara lain di dunia ini. Khazanah musik berkembang dengan baik di Kepulauan Nusantara karena keanekaragaman budaya, suku, agama, dan etnis. Pada dasarnya, musik masyarakat etnis di Indonesia merupakan hasil akulturasi dan persilangan dari kebudayaan lokal dengan kebudayaan asing (hybird) melalui budaya Hindu, Buddha, Islam, dan Barat. Sebagai contoh, ketika musik keroncong dan musik dangdut kita klaim sebagai musik Indonesia, ternyata ada unsur budaya asing di situ.

Dengan demikian, buku ini diharapkan menambah rujukan tentang musik Indonesia yang sangat minim, khususnya bagi mahasiswa yang mengambil jurusan musik dan bagi siapa saja yang ingin memperdalam khasanah budaya musik Indonesia itu sendiri. Harapan besar dari terbitnya buku ini juga untuk melestarikan berbagai lagu-lagu daerah yang terkadang hanya menjadi hiasan di setiap upacara kenegaraan, sehingga kehadiran buku ini juga menjawab upaya pelestarian budaya Indonesia dalam hal ini budaya musik. Segera dapatkan buku ini di Taman Komunikasi Kanisius! Silakan menghubungi kami untuk mendapatkan buku ini segera!

*Riyan (Editor Kependidikan-Umum)