CERITA KAMI

Menyapa Siswa-Siswi SDN Bendo di Bukit Menoreh

08-10-2018 13:10

Jumat (24/8) pagi-pagi kami 4 orang anggota Sahabat Literasi PT KANISIUS meluncur meninggalkan kantor menuju Samigaluh. Tujuannya adalah SDN Bendo, Kelurahan Banjarsari. Tidak mudah menemukan lokasinya. Menyusuri tempat tinggi perbukitan Menorah, jalanan kadang sempit naik turun, beberapa kali salah jalan dan bertanya, akhirnya kami sampai juga.

Kedatangan kami disambut para mahasiswa KKN 108 UNY yang sedang melaksanakan program KKN di desa itu. Sahabat Literasi memang bekerja sama dengan mereka untuk menggulirkan program literasi ini. Bersama mereka, kami menemui Ibu Fransiska, Kepala Sekolah, dan para guru untuk perkenalan dan persiapan acara. Para guru dengan ramah menyambut kami, dan menanggapi positif program literasi yang kami tawarkan. Para siswa pun mengerubungi kami tak sabar segera mulai.

Peserta kegiatan literasi adalah siswa TK PGRI V Samigaluh dan siswa kelas 1 sampai 6 SDN Bendo. Mereka  dibagi menjadi dua kelompok, kelompok story telling diikuti oleh siswa TK dan siswa SD kelas 1, 2, dan 3. Story telling disampaikan oleh Denia salah seorang mahasiswi KKN, mengangkat kisah Franklin dari buku terbitan Kanisius. Salah seorang mahasiswa, Bima, mengenakan kostum Franklin menyapa anak-anak menghidupkan kisah yang disampaikan.

Sementara itu siswa kelas 4, 5, dan 6 menjadi satu kelompok. Mereka diajak menyadari pentingnya belajar dan mengakses pengetahuan dengan menyaksikan tanyangan film edukatif. Selanjutnya, mereka diajak membaca buku yang dibagikan dan menceritakannya kembali. Bukan hanya mengakses pengetahuan, mereka juga dilatih mengomunikasikan yang diketahuinya lewat menulis dan membuat buku sederhana.

Kami merasa senang karena antusiasme dan raut bahagia yang terpancar dari wajah siswa siswi. Terutama saat Franklin hadir di tengah acara story telling dan pembagian buku untuk setiap siswa saat penutupan. “Terimakasih kepada Sahabat Literasi Kanisius yang telah bekerja sama menyukseskan program kerja kelompok KKN 108 UNY tahun 2018 sehingga dapat terlaksana dengan lancar,” kara Rahma mewakili teman-temannya.

Melihat dari antusiasme siswa-siswi SD Bendo, Ibu Faransiska berharap Sahabat Literasi Kanisius dapat berkunjung kembali untuk mengisi acara serupa dengan durasi acara yang lebih lama dan menambahkan pemutaran film tentang pembuatan buku agar lebih banyak hal edukatif dan bermanfaat yang dapat diterima siswa. Acara diakhiri dengan foto bersama, lalu kami mendaki ke kebun teh tak jauh dari tempat itu untuk evaluasi. Salam Literasi!