CERITA KAMI

Mengasihi Dimulai Sejak Dini

10-10-2018 14:09

Seri Mengasihi terdiri atas 3 judul yang bercerita tentang sikap mengasihi melalui kegiatan sehari-hari yang dapat dialami oleh anak. Ada 3 nilai yang diselipkan dalam seri ini yaitu mendengarkan dengan baik (Telinga Lebar Haris), berkata sopan (Kata Ajaib Rosa), dan berbagi (Donat Widya).

Saat membaca isi dari cerita ketiga judul tersebut, anak-anak diajak untuk memahami cara mengasihi dalam berbagai situasi, mengasihi yang dimulai dari keluarga terdekat seperti ayah, ibu, dan kakak, kemudian kakek maupun teman sebaya di sekolah. Judul dibuat semenarik mungkin sehingga ada rasa penasaran  yang ingin diketahui anak.

Nilai-nilai yang diselipkan dalam seri ini yaitu 1) Mengasihi itu mau berbagi seperti yang diceritakan pada buku Donat Widya. Mengasihi dimulai dalam lingkup keluarga inti. Dalam buku ini, anak diajak untuk belajar berbagi dengan keluarganya. 2) Mengasihi itu mau mendengarkan. Mendengarkan siapa saja yang berbicara, seperti pada buku Telinga Lebar Haris. 3) Mengasihi itu mau berkata sopan. Bersama dengan teman sebaya pada buku Kata Ajaib Rosa, anak diajak untuk bisa berkata terima kasih, tolong, maaf, dan masih banyak lagi.

Suguhan cerita-cerita yang ada tersaji indah secara visual. Melihat detail setiap halaman mengajak imajinasi anak untuk masuk ke dalam tiap halamannya. Pada akhir cerita, anak dapat menuliskan pengalaman masing-masing tentang ketiga nilai tersebut di atas dan bonus stiker pada setiap buku dapat digunakan sebagai reward oleh orang tua/guru/pendamping ketika anak sudah melakukan hal-hal baik tentang mengasihi.

*Ayun dan Riyan Kependidikan-Umum