CERITA KAMI

Temu Gembira Anak Sekolah Minggu

22-10-2018 13:16

Dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional 2018, Panitia BKS ke-26 PT Kanisius bekerja sama dengan komisi Kitab Suci Kevikepan DIY dan Komisi Karya Misioner Kevikepan DIY, dengan bangga menyelenggarakan kegiatan Temu Gembira Anak Sekolah Minggu pada Minggu, 23 September 2018 lalu.

Mengusung tema “Biar Beda, Saling Cinta”, acara ini sukses digelar dan dimeriahkan oleh hampir 1.000 anak sekolah minggu dengan jenjang sekolah PG/TK dan SD kelas 1-3, beserta para pendamping sekolah minggu/PIA dari paroki-paroki se-kevikepan DIY. Acara digelar di Ruang Terbuka Hijau PT Kanisius yang sangat luas, teduh dan nyaman.

Dalam acara ini anak-anak diajak untuk bermain dan belajar menanamkan rasa toleransi kepada satu sama lain yang memiliki perbedaan, baik perbedaan suku, agama, ras dan pendapat. Acara yang dipandu oleh Maria Novenita, Lucia Thesandira, Zevanya Devendra dan David Widyantoro Try Wibowo ini berlangsung dari pukul 07.30 – 12.30 WIB.

Sambutan pertama diberikan oleh Romo Letkol (Sus) Yos Bintoro Pr. yang disambut dengan sukacita oleh anak-anak, Rm Yos dengan permainan sulap dan baju penerbangnya, mengajak anak-anak belajar bersama tentang keberagaman, perbedaan, toleransi dan peran sebagai anak Katolik, yang harus bertumbuh, berbuah dan menjadi garam di masyarakat.

Segera setelah sambutan selesai, anak-anak dibawah arahan para pembimbing sekolah minggu masing-masing, mulai mengikuti aneka permainan yang tersebar di seluruh area PT Kanisius. Aneka permainan tersebut sudah dibagi dan disesuaikan dengan kategori PG dan SD, antara lain ; Menjaring Ikan, Memancing Bahtera Nuh, Piramida Firaun, Bible Puzzle, I Love Bible, Shooter Ball dan Flash Card. Untuk menambah keceriaan, berbagai macam hadiah menarik dibagikan kepada anak-anak bahkan sejak acara dimulai, ada hadiah buku Kanisius, alat tulis dan masih banyak lagi.

Sekitar pukul 11.00 WIB anak-anak dikumpulkan kembali di Ruang Terbuka Hijau untuk menyaksikan persembahan berupa tari-tarian dan nyanyian dari grup sekolah minggu yang dengan senang hati telah mempersiapkan dirinya untuk ikut meramaikan suasana di atas panggung.

Di tengah-tengah kemeriahan, anak-anak juga bersyukur karena Rm. Maradiyo, Pr. sebagai gembala Kevikepan DIY juga berkenan “rawuh” di sela-sela kepadatan agenda beliau. Romo Maradiyo menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan tesebut dan berharap tahun depan kegiatan yang baik ini dapat diprogramkan untuk diselenggarakan kembali.

Acara ini ditutup dengan pengumuman pemenang dari setiap permainan dan pembagian hadiah serta doorprize. Sebelum acara ditutup, pembawa acara memberikan salam perpisahan dan ucapan terima kasih kepada para peserta yang sudah turut memeriahkan kegiatan Temu Gembira Anak Sekolah Minggu ini.

Kami segenap panitia mengucapkan syukur dan terima kasih dengan harapan anak-anak dan siapapun yang telah terlibat dalam acara ini bisa pulang dengan banyak cerita, kesan positif dan kenangan yang pasti tak terlupakan. Sampai jumpa lagi di rangkaian acara Bulan Kitab Suci tahun depan.

*Hrsntyo, Arm