CERITA KAMI

Kebahagiaan Menjadi Pendidik

29-11-2018 13:28

Menjadi guru adalah panggilan jiwa. Dengan beragam kesulitan, kepedihan, dan perjuangan menjadi guru, banyak guru yang menganggapnya sebagai kebahagiaan hidup. Itulah yang dirasakan ketika cinta sudah melandasi profesinya. Guru pasti memiliki banyak keberkahan karena guru memberikan ilmu kepada anak didik. Itulah yang dialami oleh guru dalam kumpulan kisah perjuangan para guru yang meraih hidup bahagia melalui jalan panggilan sebagai seorang guru. Bukan hanya kebahagiaan bagi dirinya sendiri, tetapi juga kebahagiaan yang nantinya akan dihidupi oleh para muridnya (hlm 21).

Perjuangan untuk mendapatkan siswa dialami oleh Markus Darwis Nirwanto, yang harus mencari siswa hingga kelokasi berjarak kurang lebih 20 km dengan jalan yang terjal banyak bebatuan. Mencari siswa satu per satu hingga kepelosok kampung. Sekolah butuh siswa. Namun berkat pelayanan yang tulus, kerja keras, dan kesungguhan mendidik didasari ketulusan dan keihlasan, dikemudian hari sekolah ramai dengan siswa. Semakin hari sekolah dipercaya oleh masyarakat. Kini, siswa yang mendatangi sekolah.

Kerja keras demi memberikan yang terbaik dilakukan oleh Margaretha Yeni Kurniawati, guru TK Kanisius Sidowayah, Klaten yang menghadapi siswanya dengan berbagai latar belakang kondisi keluarga dan tingkat perekonomian mulai dari pegawai pemerintah hingga anak dari  seorang pemulung. Hal ini membuatnya memberikan loyalitas yang tinggi untuk anak didik yang dipercayakan. Dalam persiapan bahan mengajar, jam kerjanya sampai sore kadang-kadang sampai malam. Tingginya tuntutan menjadi seorang guru kadang membuatnya harus bekerja keras namun itu semua bisa dilakukan dengan tiga hal yakni sayang pada anak didik bersabar dan mau belajar terus-menerus (hlm 54).

Terima kasih kepada Harian Singgalang dan Saudara Supadilah, Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta atas pemuatan resensi berjudul Kebahagiaan Menjadi Pendidik dari Buku Kekuatan Cinta Sang Guru 1, dimuat Minggu, 25 November 2018.