CERITA KAMI

Tantangan Keluarga di Era Digital

14-05-2018 08:55

Tantangan yang dihadapi keluarga Indonesia masa kini identik dengan tantangan utama global, yaitu pencarian kembali makna perkawinan, keluarga, dan pengasuhan. Kecanggihan teknologi tidak sepenuhnya menyebabkan peningkatan kesehatan dan kebahagiaan keluarga, sebaliknya, tantangan yang dihadapi keluarga semakin berat, seiring dengan banyaknya persoalan sosial di era global village ini. Maka, mendampingi anak dan remaja di era digital saat ini membutuhkan peran dan upaya ekstra dari orang-orang terdekat anak dan remaja, baik orang tua, saudara, keluarga besar, maupun guru. 

 

Keluarga Indonesia perlu mengenali dan memahami budaya kearifan lokal agar tidak kehilangan pijakan ketika menjalani kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat di tengah arus globalisasi. Buku PSIKOLOGI PERKAWINAN DAN KELUARGA, Penguatan Keluarga di Era Digital Berbasis Kearifan Lokal hadir sebagai buku referensi Psikologi Keluarga yang masih jarang ditemui di Indonesia, terutama karena buku ini mengangkat upaya-upaya penguatan perkawinan dan keluarga dengan berbasis kearifan tradisi Nusantara. Kearifan lokal tersebut berasal dari berbagai daerah di Nusantara, di antaranya dari suku Jawa, Sasak NTB, Moi Papua, Batak Toba, Banjar Kalsel, Dayak, Minangkabau, Melayu, Bugis, dan lain-lain. Kearifan lokal tersebut diulas sebagai contoh-contoh nyata tradisi Nusantara yang mendukung tahap perkembangan keluarga, yang meliputi tahap 1) pasangan baru, 2) memiliki anak usia balita dan prasekolah, 3) memiliki anak usia sekolah, 4) memiliki anak remaja, 5) masa tengah baya, 6) masa pelepasan, 7) masa lansia. Buku ini menegaskan pentingnya pendidikan dalam keluarga dan dampak keluarga terhadap pembentukan karakter manusia.

 

Buku ini disusun oleh Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog (Guru Besar Fakultas Psikologi UGM) bersama para kontributor lainnya. Buku ini merupakan buku kedua Prof. Tina yang diterbitkan PT Kanisius, selain Mudah & Sukses Menyelenggarakan Pelatihan, Melejitkan Potensi Diri, yang ditulis bersama Jajang A. Sonjaya dan Yopina G. Pertiwi.

 

Pada Kamis, 26 April 2018 Forum Pustakawan UGM menyelenggarakan Bedah Buku Psikologi Perkawinan dan Keluarga dengan Penguatan Keluarga di Era Digital Berbasis Kearifan Lokal di Perpustakaan Pusat UGM, Gedung L1 Lantai 2. Pada kesempatan itu, Prof. Tina ditemani oleh Annisa Reginasari selaku kontributor buku. Keduanya menjadi narasumber dalam acara tersebut. Sebagai pembedah buku adalah Dr. Budi Andayani, MA., Psikolog. Para peserta yang hadir, baik mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum tampak antusias mengikuti acara dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, salah satunya cara mendampingi anak di era digital ini. Prof. Tina dalam kesempatan ini menekankan pentingnya fungsi parenting, yakni dukungan dan disiplin untuk mengoptimalkan peran keluarga. Di era digital ini, orang tua juga perlu melibatkan diri dan berinteraksi secara aktif dengan anak-remaja di media sosial dan internet sehingga dapat memperkecil kesenjangan literasi digital di antara mereka.

*Ayun, Emmy