DARI MEDIA

Metode Mendidik Siswa Berkebutuhan Khusus

22-10-2018 13:27

Anak didik dalam setiap satuan pendidikan sudah pasti memiliki sikap dan sifat yang relatif beragam, mulai dari sifat yang positif hingga yang negatif, hal itu tergantung dari latar belakang keluarga, lingkungan dan sosial budaya yang dimiliki mereka. Guru dituntut untuk bisa memahami sekaligus mengendalikan setiap sifat dan sikap yang beragam tersebut lebih-lebih mengantisipasi sikap emosional siswa yang tak jarang didapati dalam satuan pendidikan.

Buku berjudul Mengenali dan Menangani Emosi Pada Siswa ini mengurai tata cara mengendalikan emosi siswa dalam setiap satuan pendidikan, melalui sejumlah proses yang harus dilakukan oleh guru. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi dampak buruk dari sikap emosioanl siswa terhadap hasil belajar mereka, sehingga anak-anak yang  tergolong emosional serta tempramental dapat ditangani dengan baik dan bisa menyesuaikan dengan lingkungan belajar mereka.

Diawal pembahasan, Amitya Kumara bersama sejumlah penulis lainnya mencoba menyuguhkan Teori tentang Regulasi emosi, bahasan ini sebagai pra wacana sebelum memasuki catatan studi kasus seputar pengendalian emosi para anak didik yang berhasil dirangkum penulis. Teori regulasi emosi tersebut meliputi Fase perkembangan pengelolaan emosi, faktor-faktor yang memengaruhi pengelolaan emosi, serta strategi regulasi emosi.

Terima kasih kepada Radar Mojokerto dan Bapak Ahmad Wiyono atas pemuatan resensi buku Metode Mendidik Siswa Berkebutuhan Khusus dari Buku Mengenal dan Menangani Emosi Pada Siswa dimuat Minggu, 14 Oktober 2018.