DARI MEDIA

Jejak Eksploitasi Perempuan Dalam Dunia Periklanan

07-12-2018 09:44

Sosok perempuan dengan segala keindahan yang dimilikinya ternyata selalu menarik untuk dijadikan objek pembahasan, tak jarang perempuan menjadi bahan dirkursus yang luar biasa dalam satu diskusi ilmiah yang cukup menyedot perhatian banyak orang, tak berebihan jika peremuan selalu disebut sebagai mahluk tuhan yang memliki sejuta keunikan.

Seperti yang diulas dalam buku Politik Warna Kulit Perempuan dalam dunia periklanan ini, penulis menyajikan data dan fakta tentang keunikan sosok perempuan dalam dunia periklanan melalui pendekatan warna kulit yang dimiliknya. Sayangnya, keistimewaan sosok perempuan yang relatif memiliki daya tarik itu justru kadang dimanfaatkan sebagai objek eksploitasi, dengan target popularitas produk dari perusahaan yang memanfaatkan sang perempuan tersebut.

Buku yang diangkat dari penelitian desertasi penulis ini mencoba membongkar fakta dunia periklanan yang tak jarang memanfaatkan perempuan sebagai umpan untuk menarik minat konsumen, fakta ini bisa kita junpai dalam beragam iklan kosmetik yang hampir sepenuhnya memperlihatkan kecantikan dan kemolekan perempuan dalam visualisasi iklannya, alhasil bintang iklan perempuan selalu dituntut untuk bisa menyajikan sosok yang melampaui keinginannya demi hasrat politik bisnis para pemilik perusahaan.

Kita bisa menyaksikan bagaimana visualisasi iklan kosmetik yang ssmestinya hanya memperlihatkan atau menginformasikan keunggulan dan kelebihan produk namun berubah menjadi media mempertontonkan kecantikan dan kemolekan seorang perempaun secara vulgar, konsekusensinya jelas bahwa penonton akan fokus pada penampilan sang bintang iklan dari pada produk itu sendiri. Yang lebih mengerikan adalah cara pandang kaum pria yang ternyata menjadi pengangum sang bintang ketimbang produk yang diiklankan.

Terima kasih kepada Harian Tribun Jateng dan Saudara Ahmad Wiyono Pegiat Literasi Pamekasan, Madura atas pemuatan resensi Jejak Eksploitasi Perempuan Dalam Dunia Periklanan dari Buku Politik Warna Kulit Perempuan. Dimuat Minggu, 2 Desember 2018.