DARI MEDIA

Musik Perjuangan; Narasi Patriotisme dan Persatuan dari Buku Budaya Musik Indonesia

13-12-2018 09:06
Di Indonesia, berkembang berbagai jenis musik. Dari pop, dangdut, keroncong, rock, jaz, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis musik punya sejarah perkembangannya masing-masing. Di buku ini, kita disuguhi ulasan berbagai jenis musik yang berkembang di Indonesia. Wisnu Mintargo membentangkan berbagai jenis musik di Indonesia dengan pendekatan historis. Lulusan Akademi Musik Yogyakarta ini melihat realitas masyarakat Indonesia yang majemuk dengan beraneka ragam budayanya sebagai objek yang menarik untuk melihat bagaimana berbagai aliran musik berkembang.
 

Ada beberapa jenis musik yang tak bisa dipisahkan dari perjalanan sejarah berdirinya bangsa Indonesia, yakni lagu nasional atau lagu-lagu perjuangan. Lagu-lagu perjuangan dikisahkan sejarah kemunculannya dari sejak masa kolonial Belanda. Dikisahkan, dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, mula-mula bangsa Belanda pernah mengajarkan instrumen musik Barat pada abdi dalem di kesultanan keraton Yogyakarta dan kesunanan keraton Surakarta. Pelatihan ini bertujuan agar para abdi dalem bisa memainkan lagu kebangsaan “Wilhelmus” saat upacara kunjungan tamu resmi atau para pejabat negeri Belanda.

Pada masa-masa itu, kelompok cendekiawan Jawa ingin menguasai lagu kebangsaan dengan alternatif ritual yang khas dan dapat mewakili puncak kebudayaan nasional melalui instrumen gamelan. Usaha itu dilakukan dengan mencoba mengerahkan para empu gamelan pada tahun 1930-an untuk memodernisasi gamelan baik dari segi praktik maupun teori (hlm 32). Akan tetapi, seperti dijelaskan oleh Mr. Muhammad Yamin, bahwa usaha-usaha untuk memainkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” mengalami kegagalan karena secara teknis lagu tersebut memakai sistem tangga nada diatonik, sedangkan instrumen gamelan bertangga nada pentatonik.

Terima kasih kepada Jawa Pos Radar Mojokerto dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi berjudul Musik Perjuangan; Narasi Patriotisme dan Persatuan dari Buku Budaya Musik Indonesia, dimuat Minggu, 9 Desember 2018.