DARI MEDIA

Semua Bermula dari Cerita

08-01-2019 09:32

Bercerita menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh manusia. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun masing sering bercerita atau menyimak cerita. Entah cerita-cerita rakyat tradisional, dari media televisi, radio, hingga cerita dari pengalaman hidup sehari-hari. Bisa dikatakan, bercerita memang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang turut memengaruhi, bahkan membentuk pemikiran dan peradaban manusia.

Seperti dijelaskan di buku ini, bercerita adalah praktik interaksi sosial yang paling mudah karena merupakan budaya manusia yang paling purba. Hampir setiap orang dapat dan pernah melakukannya secara natural, karena orang melihat dan mempraktikkannya secara turun-temurun. Sejak kecil, di samping membaca dan menulis, anak-anak sudah dibacakan dongeng atau cerita. Dari cerita yang disimak tersebut, anak kemudian mengenal tokoh-tokoh, hewan, tempat, dan berbagai hal dalam kehidupan, yang kemudian membentuk konstruksi dalam pikiran dan imajinasinya.

Di buku ini, kita akan disadarkan betapa pentingnya bercerita dalam upaya menanamkan dan menyemai kecakapan literasi pada anak. Sofie Dewayani dan Roosie Setiawan, dua penulis yang aktif melakukan pendampingan pada guru-guru di sekolah terkait pengembangan literasi anak, menyadarkan kita bahwa kecakapan literasi pada anak merupakan hal yang sangat penting. Sebab, semakin dini akan dikenalkan dengan literasi, maka kecakapan literasinya semakin kaya dan luas, sehingga kelak tumbuh dan berkembang menjadi orang yang tak sekadar memiliki pemikiran yang luas, namun juga sekaligus kritis.

Terima kasih kepada Jawa Pos Radar Mojokerto dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi berjudul Semua Bermula dari Cerita dari buku Saatnya Bercerita dimuat, Minggu, 23 Desember 2018.