DARI MEDIA

Belajar Biologi Lewat Eksperimen Kreatif

08-01-2019 09:31

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala hal tentang makhluk hidup. Karena mempelajari makhluk hidup, maka proses belajar biologi pun harus "hidup". Maksudnya, belajar biologi mestinya dinamis, ada proses pengalaman; ada tindakan, melakukan, mengamati, menyentuh, merasakan. Dengan kata lain, belajar biologi tak cukup jika sekadar diam di tempat dan membaca buku. Seperti ditegaskan Arifin Nugroho, di buku ini, strategi paling mudah untuk mengenalkan biologi adalah dengan percobaan atau eksperimen.

Namun, peraih gelar Megister Pendidikan dari Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 ini menjelaskan, kebanyakan para guru biologi dihadapkan pada berbagai kendala ketika berbicara eksperimen biologi. Misalnya, karena keterbatasan atau bahkan ketiadaan alat, bahan, dan sarana prasarana di sekolah. Di samping itu, juga persoalan biaya yang mahal atau kesulitan menemukan bahan penelitian. Misalnya, ketersediaan mikroskop dan berbagai senyawa kimia yang mahal dan sulit diperoleh. Di sinilah, Arifin menulis sebuah buku menarik untuk memandu kita dalam melakukan eksperimen yang kreatif dengan alat yang tersedia di sekitar kita.

Melalui buku terbaru berjudul Biologi Is So Fun ini, kita dipandu untuk mendalami biologi melalui eksperimen sederhana dengan memanfaatkan berbagai bahan atau material di alam sekitar. Bagi penulis, eksperimen biologi pada dasarnya adalah penelitian fenomena makhluk hidup di alam. Artinya, sebagian besar material pasti ada di alam. "Permasalahannya adalah, maukah kita mengobservasi, mengeksplorasi, dan melakukan eksperimen di lingkungan alam sekitar kita," tulisnya. Arifin memandu kita melakukan eksperimen dengan alat dan bahan yang tak harus modern dan mahal. Material eksperimen diperoleh dengan mudah di sekitar kita.

Terima kasih kepada Radar Madura dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi berjudul Belajar Biologi Lewat Eksperimen Kreatif dan Menyenangkan dari buku Biology Is So Fun, dimuat Kamis, 3 Januari 2019.