Profil Perusahaan

Kanisius ikut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui karya penerbitan dan percetakan. Diyakini, content buku bermutu mengantarkan manusia sampai puncak kebudayaannya. Buku adalah kemenangan terbesar untuk manusia! Kanisius secara konsisten sampai hari ini terus menghadirkan buku-buku bermutu sebagai wujud kepedulian bagi masyarakat untuk membangun kehidupan yang makin berkualitas; masyarakat yang makin nasionalis dan bermartabat.

Pada tanggal 1 Januari 2014 Penerbit-Percetakan Kanisius berganti nama dan badan hukum menjadi PT KANISIUS, dengan

VISI:

Menjadi perusahaan profesional pilihan utama pelanggan melalui produk penerbitan, percetakan, dan perdagangan, untuk mewujudkan masyarakat yang nasionalis dan bermartabat.

MISI:

  1. Melibatkan diri dalam karya Gereja dan pendidikan masyarakat.
  2. Mengutamakan kepuasan pelanggan dengan menyediakan produk terbitan, produk cetakan, peralatan gerejani dan pendidikan, yang lengkap dan berkualitas.
  3. Memperkuat dan meningkatkan jumlah pelanggan dengan membangun Taman Komunikasi dan bersinergi dengan mitra-mitra strategis.
  4. Mencapai pertumbuhan dan profitabilitas melalui peningkatan penjualan dan pengendalian biaya.
  5. Meningkatkan produkivitas karyawan dengan sistem pengelolaan SDM yang profesional.
  6. Memanfaatkan teknologi yang tepat untuk mengoptimalkan operasi bisnis dan menciptakan produk inovatif.

 

PRODUK DAN LAYANAN

1. DIVISI PENERBITAN

Penerbitan Bidang Gerejawi menerbitkan buku-buku filsafat, teologi, liturgi, spiritualitas, doa dan peribadatan, katekese, renungan, inspirasional, dan buku bacaan rohani anak. Selain edisi cetak, buku-buku tersebut sudah diterbitkan dalam edisi e-book.

Penerbitan Bidang Pendidikan dan Umum menerbitkan buku-buku kurikuler berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif yang sesuai dengan Kurikulum 2013, buku untuk perkuliahan, bacaan anak berbasis pendidikan karakter, psikologi populer, self-healing, motivasi, dan bacaan inspirasional. Selain edisi cetak, buku-buku tersebut sudah diterbitkan dalam edisi e-book.

Selain sistem penerbitan umum, Kanisius juga memberikan layanan penerbitan secara khusus melalui Kanisius Exclusive Publishing. Penulis yang menghendaki karyanya diterbitkan secara eksklusif baik mengenai genre maupun jumlah tirasnya, bisa dilayani asal memenuhi standar kualitas dan visi penerbit.

2. DIVISI PERCETAKAN

Percetakan PT KANISIUS telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 mengenai manajemen mutu, memiliki karakter hasil cetak: tinta meresap hingga ke serat kertas didukung oleh teknologi mesin cetak, hasil cetak presisi baik warna maupun register, tidak ada kesenjangan antara contoh cetak atau proof dengan hasil jadi, penjilidan kuat sehingga lembaran buku tidak mudah lepas, hard cover dikerjakan dengan mesin yang menjamin ketepatan dan kecepatan.

Dengan sistem one stop printing, Percetakan PT KANISIUS melayani kebutuhan jasa cetak para pelanggan meliputi pracetak, cetak, dan pascacetak hanya dengan sekali kunjungan saja. Didukung teknologi mesin cetak digital Kanisius melayani cetak dengan tiras berapa pun dari satu eksemplar saja hingga ribuan eksemplar.

3. DIVISI PERDAGANGAN

Mulai 2016, PT KANISIUS merambah bidang perdagangan. Bidang perdagangan ini hadir menyapa pelanggan melalui keberadaan Taman Komunikasi atau Takom, yang didirikan sebagai ruang pajang produk-produk perdagangan sekaligus menjadi ruang berkomunikasi dengan para mitra. Saat ini PT KANISIUS mengelola tujuh Taman Komunikasi yang berada di kota Jogjakarta, Surakarta, Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. Taman Komunikasi tidak hanya menjadi tempat para pelanggan bisa mendapatkan produk terbitan Kanisius namun juga menyediakan berbagai benda rohani, peralatan liturgi, dan benda devosional yang lengkap dan berkualitas, yang diharapkan dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

 

KEPEDULIAN LINGKUNGAN

Tidak hanya berorientasi pada bisnis percetakan, Kanisius juga bertanggung jawab atas limbah proses cetak yang dihasilkan. Percetakan Kanisius peduli keseimbangan ekosistem, diwujudkan dengan pembangunan instalasi pengelolaan limbah cair dan TPS Limbah B3. Operasionalisasi percetakan dengan penilaian “taat 100%” sesuai ketentuan penaatan Hukum Lingkungan telah menjadikan PT KANISIUS mendapatkan peringkat PROPER BIRU dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penghargaan yang menyatakan Kanisius sebagai percetakan nol pencemaran ini telah menjadikan Kanisius rujukan studi banding bagi beberapa usaha sejenis.

Komitmen PT KANISIUS untuk tidak menyumbang pencemaran lingkungan ini juga diwujudkan dengan menyediakan Ruang Terbuka Hijau yang rindang sebesar 57,2% dari luas lahan kantor, dengan beberapa sumur resapan sebagai upaya konservasi air tanah.

Sejarah

CANISIUS DRUKKERIJ, yang selanjutnya lebih dikenal dengan nama Penerbit-Percetakan Kanisius, berdiri pada 26 Januari 1922 atas inisiatif Superior Misi Pastor J. Hoeberechts, SJ. Diawali dengan sebuah percetakan kecil yang mencetak buku-buku untuk kepentingan peribadatan Gereja dan buku-buku pendidikan untuk memenuhi kebutuhan murid-murid sekolah pribumi di Yogyakarta dan sekitarnya, Kanisius bertumbuh menjadi penerbit dan percetakan dengan wilayah sebaran bukunya membentang dari Sumatera sampai Papua.

Afiliasi Organisasi

AFILIASI

Bersinergi dengan organisasi sejenis, PT KANISIUS berafiliasi dengan:

  1. Ikatan Penerbit Indonesia atau IKAPI
  2. Sekretariat Bersama Penerbit Katolik atau SEKSAMA, dan
  3. Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia atau PPGI

Video Profil Perusahaan

Galery